Mohon Maaf Atas Segala Kekurangan Blog ini. Blog Dalam Tahap Pembangunan kembali 11-03-2011
Posted by : Unknown Monday, April 25, 2011


Salam Bloggerz,pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang perkembangan teknologi komunikasi dari zaman nenek moyang kita kezaman kita yang sekarang ini.Media Komunikasi  saat ini memang cukup banyak dan saat ini kita dengan mudah untuk menggunakannya.Namun apakah alat komunikasi tersebut apakah sudah ada sebelum kita?.Memang ada,tapi kejanggihannya mungkin jauh berbeda.Zaman dahulu orang-orang menggunakan sesuatu dari alam untuk digunakan sebagai alat komunikasi.Sekarang coba kita lihat beberapa contoh komunikasi dari zaman kuno ke zaman kita sekarang.

  1. Media komunikasi kuno
  2. 1.Kentongan
Alat komunikasi merupakan alat yang sangat vital dalam kehidupan manusia sejak manusia hidup di dunia. Hal yang demikian disebabkan oleh karena tidak ada satu manusia pun yang tidak membutuhkan manusia lain. Dalam skala yang sangat sederhana, alat komunikasi antarmanusia mungkin bisa dilihat pada bahasa isyarat. Pada tataran selanjutnya mungkin pada bahasa lisan yang dikeluarkan melalui alat ucap (mulut). Dalam perkembangannya alat komunikasi diwujudkan dalam berbagai bentuk. Ada telepon, surat, e-mail, handphone, interkom, HT, dan sebagainya. Dalam skala yang lebih sederhana kentongan merupakan alat komukasi yang efektif pada masanya. Pada masa-masa listrik belum masuk desa, kentongan menjadi alat komunikasi yang begitu diandalkan.

  
     2. Asap
Orang-orang zaman dahulu juga memanfaatkan asap sebagai media komunikasi. Asap dikenal sangat populer digunakan sebagai media komunikasi suku bangsa Indian di Amerika. Alat komunikasi ini biasa digunakan untuk mengirimkan suatu pesan rahasia pada teman ataupun lawan.
Seperti halnya kentungan, berkomunikasi dengan menggunakan asap tidak memiliki kode yang standar (baku). Misalnya satu kepulan asap dapat berarti suatu peringatan. Dua kepulan asap dapat pula berarti adanya bahaya. Tiga kepulan asap dapat berarti adanya masalah ataupun meminta bantuan. Pernahkah kamu melihat film yang menceritakan korban kecelakaan pesawat terbang yang terdampar di hutan? Pada film tersebut biasanya si korban berusaha meminta bantuan dengan cara memberitahukan keberadaannya dengan menggunakan tanda asap.Sekarang asap digunakan dalam kegiatan pramuka.


3.prasasti dan Daun lontar
Pada zaman yang lebih maju, orang mulai menggunakan bahasa tulisan sebagai alat komunikasi. Kegiatan surat-menyurat di Indonesia telah dimulai sejak masa kerajaan Kutai, Tarumanegara, Pajajaran, Majapahit, Sriwijaya, dan Mataram. Walaupun pada masa itu kegiatan tersebut masih terbatas pada kegiatan surat-menyurat antar kerajaan. Mereka menggunakan kulit kayu serta kulit bambu sebagai bahan untuk menulis.
Akan tetapi, yang lazim dipakai untuk menulis surat pada tempo dulu lebih dominan daun lontar. Namun ada juga yang menggunakan bambu, tulang binatang, labu hutan, rotan, dan lempengan batu (dikenal dengan nama prasasti). Oleh karena itu, ahli sejarah sering menemukan peninggalan sejarah yang berupa prasasti dan catatan dalam daun lontar.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, prasasti merupakan piagam yang tertulis pada batu, tembaga, dan sebagainya. Prasasti merupakan sumber sejarah terpenting untuk mengungkap peristiwa masa lalu. Hal ini disebabkan karena prasasti adalah dokumen tertulis yang orisinil dari peninggalan masa lalu tersebut. Berdasarkan Matrical Eulogitic Inscription, Mc. Dannel, Sanskrit Dictionary, prasasti dapat berarti tulisan dalam bentuk puisi yang berupa pujian. Selain itu, prasasti juga berarti anugerah, karena prasasti dalam arti pujian itu didasarkan atas anugerah yang diberikan seorang raja kepada rakyatnya. Oleh karena itu, prasasti dalam arti anugerah itu, disebutkan berlakunya hak istimewa yang turun-menurun. Istilah untuk itu dalam Negara Kertagama disebut purwasarirareng prasatyalama tan rinaksan iwo, yang berarti hak-hak istimewa yang sejak dahulu dilindungi oleh prasasti kuno.

B.Media komunikasi Modren

1.Telepon
Telepon merupakan alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Dengan menggunakannya kita bisa berkomunikasi secara lisan dengan seseorang yang berjarak jauh. Telepon pertama kali diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Alat ini merupakan sarana komunikasi yang praktis, maka tidaklah mengherankan apabila telepon berkembang pesat.
Jika semula telepon hanya terbatas pada telepon tetap (fixed line telephone), maka sejak 3 April 1973 telah dikenal suatu teknologi yang dikenal dengan nama telepon genggam atau yang lebih dikenal dengan sebutan hand-phone (disingkat HP). HP merupakan salah satu teknologi komunikasi yang saat ini marak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pada awalnya HP hanya digunakan oleh kalangan tertentu, misalnya pengusaha. Akan tetapi, sekarang ini HP seolah telah menjadi kebutuhan primer. Fungsi HP kini tidak hanya sebagai alat komunikasi yang efektif, tetapi juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup, penampilan, tren, dan prestise (gengsi).
Teknologi dari alat komunikasi ini semakin lama semakin maju. Ukuran dan bentuk HP pun semakin hari semakin kecil dan menarik. Fitur-fitur yang ditawarkan pun semakin beragam. Kini HP dilengkapi dengan kamera digital, radio FM, pemutar MP3, video, dan berbagai game menarik. Jadi dunia HP adalah dunia untuk berkomunikasi, berbagi, mencipta, dan menghibur dengan suara, tulisan, gambar, musik, dan video.
Telepon genggam, selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service; SMS). Telepon-telepon yang lebih mahal juga sering menambahkan fitur layanan seperti multimedia message service (MMS) dan internet (WAP, GPRS, 3G). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) yang menambahkan jasa videophone maupun televisi online di telepon genggam mereka.
  
  2.Koran(Surat kabar)
Koran atau surat kabar merupakan suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik. Topiknya bisa berupa kejadian politik, olah raga, tajuk rencana, dan cuaca. Surat kabar biasanya juga berisi kartun, teka-teki silang (TTS), dan hiburan lainnya.
Ada juga koran yang dikembangkan untuk bidang-bidang tertentu, misalnya berita untuk industri tertentu, penggemar olah raga tertentu, penggemar seni, atau partisipan kegiatan tertentu. Jenis surat kabar umum biasanya diterbitkan setiap hari, kecuali pada hari-hari libur. Selain itu terdapat juga surat kabar mingguan dan surat kabar yang terbit sore hari.
Koran pertama kali dikenal pada tahun 59 SM (Sebelum Masehi) di kekaisaran Romawi kuno. Saat itu koran hanya berisi jurnal kegiatan sang kaisar, yaitu Julius Caesar yang bertajuk “Acta Diurna”. Walaupun begitu, baru pada tahun 1605 surat kabar terbit pertama kali dalam bentuk tercetak oleh Johan Carolus dengan tajuk “Relation”. Koran tertua di dunia yang saat ini masih terbit adalah “Post-och Inrikes Tidningar” dari Swedia yang terbit pertama kali pada tahun 1645.
Saat ini koran tidak hanya berbentuk kertas, tetapi juga disertai dengan versi on line-nya di internet. 


3.televisi
Media komunikasi yang satu ini merupakan media komunikasi yang sangat populer. Hampir seluruh rumah tangga di dunia ini mempunyai sebuah atau lebih televisi. Tetapi, apakah televisi itu? Televisi atau yang biasa kita sebut sebagai TV merupakan sebuah alat penangkap siaran bergambar. Televisi berasal dari kata tele yang berarti jauh dan vision yang berarti tampak. Jadi, televisi berarti melihat dari jarak jauh.
Penemuan televisi telah mengubah peradaban dunia. Hal ini karena televisi telah memberikan begitu banyak informasi kepada kita. Beragam stasiun televisi yang ada saat ini dengan aneka program siarannya yang disajikan, telah menjadikan televisi sebagai sumber segala informasi, berita, dan juga hiburan.
Televisi diciptakan berawal dari ditemukannya cakram metal (logam) kecil yang berputai dan memiliki banyak lubang oleh Paul Nipkow pada tahun 1883. Seiring dengan perkembangar teknologi, televisi pun mengalami perkembangan yang sangat cepat. Jika dulu kita hanya bisa menikmati televisi hitam-putih, maka sekarang kita bisa menikmati televisi berwarna. Layai televisi pun telah mengalami perubahan dari televisi layar cembung ke televisi layar datar.

4.internet
Internet merupakan salah satu produk teknologi komunikasi dan informasi yang paling maju saat ini. Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960. Pada awalnya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir. Setelah itu, di tahun 1970 internet banyak digunakan di universitas-universitas di Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini.
Pada tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web, yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, dan musik ditampilkan dalam internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervariasi.
Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan dan dengan komponen tertentu saja. Tetapi, saat ini orang yang berada di rumah pun bisa terhubung lewat internet dengan menggunakan modem dan jaringan telepon.
Selain itu, internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintah, lembaga militer di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Internet telah memungkinkan manusia berhubungan tanpa batasan ruang dan waktu. Selain memberikan banyak manfaat, internet juga memberikan dampak negatif. Hal ini dikarenakan terlalu bebasnya informasi yang terdapat dalam internet.

Related Post:

Poskan komentar dengan
Poskan komentar dengan

1 comment:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai media komunikasi, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2571/1/164.pdf
    trimakasih

    ReplyDelete

Silahkan Komentarnya,satu kata sangat berharga bagi saya.

Translate

Followers

Facebook Followers

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

My Community

Komunitas Blogger Indonesia
Powered by Blogger.

- Copyright © EvendieBlogger'z -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Rahmad Evendie -